Tuesday 14 June 2011


Anugerah Planet Muzik (APM) 2011: Band Indonesia Borong Nominasi


Anugerah Planet Muzik (APM) kembali diselenggarakan setelah vakum satu tahun pada 2010. Pada acara penghargaan musik yang digelar untuk memberikan apresiasi kepada musisi di tiga negara, yaitu Singapura, Malaysia, dan Indonesia kali ini, empat grup band papan atas Indonesia menguasai nominasi untuk kategori grup band terbaik APM 2011.

Andra & The Backbone untuk album mereka yang berjudul “Love, Faith & Hope”, D’Masiv dengan album “Perjalanan”, Kotak bersama “Energi”, dan UNGU dengan album “1000 kisah Satu hati”, masuk sebagai nominator best duo/grup duo/kumpulan terbaik APM 2011, dengan dua nominator lagi yaitu 3 Suara dan 6ixth Sense, yang berasal dari Malaysia.

Tidak hanya empat grup band tersebut, tiga penyanyi asal Indonesia yaitu Agnes Monica, Astrid, dan Rossa, juga masuk sebagai penyanyi Indonesia yang menguasai nominasi untuk kategori best female artiste/artis wanita terbaik. Agnes,Astrid,dan Rossa hanya bersaing dengan dua orang penyanyi wanita lainnya, yaitu Ana Raffali dan Sarah Aqilah, yang keduanya mewakili Malaysia.

Untuk kategori best male artiste atau artis pria terbaik, dari musisi Indonesia hanya diwakili oleh Glenn Fredly dengan albumnya “Lovevolution” dan Judika bersama album “Setengah Hati Merindu”. Sementara untuk kategori best vocal (new male artiste), lagi-lagi didominasi empat penyanyi asal Indonesia.

Penyanyi jebolan Singapura Idol Sezaire Sezali, agaknya harus bersaing ketat dengan empat penyanyi Indonesia yang dua di antaranya merupakan jebolan Indonesian Idol, yaitu Aris dengan lagu 1000 x Maaf dan Igo dengan lagu Kemenangan Cinta,untuk mendapatkan penghargaan sebagai Best Vocal (New Male Artiste) tersebut.

Tidak hanya Igo dan Aris yang menjadi pesaing kuat Sezaire dalam kategori ini, ada juga Rio Febrian dan Sandhy Sondoro yang juga masuk dalam kategori ini.Sandhy sudah sepatutnya menjadi rival yang berat bagi Sezaire. Meski terlihat cukup banyak musisi papan atas Indonesia yang menguasai kategori APM 2011, namun pihak penyelenggara APM menyatakan bahwa APM tahun ini banyak didominasi oleh musisi asal negara tuan rumah, yaitu Singapura.

Penyanyi asal negeri Singa seperti Hady Mirza,yang merupakan juara Asian Idol, Sezairi Sezali, Roze, dan Didicazli, disebut-sebut masuk sebagai nominator di cukup banyak kategori APM kali ini. Penyanyi lokal Singapura, Didicazli mengatakan sangat bangga dapat menjadi nominator pada APM tahun ini.

Didicazli yang masuk sebagai nominator di tiga kategori,yaitu best collaboration, most popular singapore artiste, dan most popular regional song, merasa bahagia dapat bersanding dengan dua penyanyi gaek wanita yang sudah senior.

“Artis-artis yang masuk ke dalam kategori ini adalah idola saya semua.Mereka sudah berjaya sebelum saya mulai bernyanyi, seperti Siti Nurhaliza dan Krisdayanti,” ujarnya seperti dilansiri Channel News Asia. “Masuk ke dalam nominasi ini sudah lebih dari mimpi yang menjadi kenyataan.

Saya yang bukan siapa-siapa, hingga akhirnya bisa ada di sini,” tambahnya.
Adapun APM tahun ini merupakan APM kesepuluh, akan diselenggarakan di Singapore Expo’s Max Pavilion pada 15 Juli mendatang. _ megiza

0 comments:



Post a Comment