Wednesday 23 November 2011


Sea Games 2011 : Indonesia Juara Umum Karena "Politik Adu Domba"



Setiap keberhasilan tentu mempunyai kunci sukses dan strategi tersendiri demi tercapainya target yang telah direncanakan. Dibalik kesuksesan Indonesia menjadi juara umum Sea Games 2011, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng mengakui bahwa “Politik Adu Domba” lah yang memenangkan Indonesia.
Politik adu domba tersebut menurutnya adalah pesan agar antar cabang olahraga dapat bersaing dan berlomba meraih medali sebanyak mungkin. "Ini berkat adu domba. Saya kalau bertemu atlet catur saya bilang jangan mau kalah sama Atletik, atlet pencak silat saya katakan jangan mau kalah sama sepatu roda. Akhir semuanya tidak mau mengalah," kata Andy Malarangeng.
Ungkapan ini di sampaikan oleh mantan Jurubicara Presiden ini dalam sarapan pagi bersama seluruh mitra penyelenggaran SEA Games XXVI di hotel Aryaduta Palembang, Rabu, (23/11). Menurut Andi taktik adu domba ia sampaikan setiap bertemu dengan atlet dan pengurus cabang olahraga di berbagai kesempatan, seperti dirilis vivanews.
Seperti diberitakan, SEA Games XXVI yang telah ditutup, memastikan Indonesia dengan perolehan mendali terbanyak dengan mengooleksi 182 Emas, 153 Perak, 142 medali Perunggu. Raihan ini sangat berbeda jauh ketika SEA Games berlangsung dua tahun silam di Vientiene, Laos. Saat itu Indonesia hanya mampu berada di nomor urut tiga.
Apapun strategi yang dipakai, pemerintah harus menyadari bahwa olahraga bukanlah sebuah alat dan medium politik untuk tujuan dan kepentingan terselubung. Namun sebagai kebanggaan bangsa dan negara yang harus mendapat pembinaan dan kesejahteraan yang baik.

0 comments:



Post a Comment